Tuesday, January 20, 2009

MEMBESARKAN BAYI JADI ANAK PINTAR

Sebuah komentar di blog dari anonim tertanggal 28 Agustus 2008, berikut saya kutip :

Mba ika, kebetulan saya baru baca mengenai makanan padat pertama untuk bayi. Anak saya baru berusia 5 bulan, tapi sudah saya berikan makanan padat karna dari umur sebulan hanya minum susu formula. Nahh di buku : "Membesarkan Bayi jadi Anak Pintar" dijelaskan kalau makanan instant yang tersedia di supermarket itu lebih baik dari makanan yg kita olah sendiri karena mereka sudah mentakar jumlah nutrisi dan vitamin secara lengkap & pas untuk keperluan bayi. Saya sebenarnya kurang setuju karna seharusnya yang alami itu lebih baik. Selama ini saya sudah menggunakan gasol beras merah wangi, tolong komentarnya. thx

Untuk menjawab pertanyaan di atas "terus terang saja", saya harus mencari-cari referensi yang bisa memberikan argumen yang tepat. Oleh karena itu maaf kalau kami baru bisa menjawab hari ini dan semoga tanggapan ini bisa memuaskan.

Makanan instan sebetulnya sudah dimasak (precooked) dan kemudian dikeringkan dengan suhu tinggi. Proses pengeringan dengan suhu tinggi mengakibatnya banyak nutrisi yang rusak. Oleh karena itu makanan instant umumnya ditambahkan nutrisi buatan dan diberi penambah cita rasa buatan.

Zat-zat buatan yang ditambahkan adalah hasil dari sintesa kimia. Pada saat makanan tersebut dicerna tubuh, bahan hasil sintesa kimia yang umumnya berbentuk senyawa tunggal tidak dapat diserap tubuh dengan baik dibanding dengan bahan alami yang berbentuk senyawa kompleks.

Dengan demikian bila konsumsi makanan tak alami berlebihan, maka di dalam tubuh akan terjadi penimbunan toksin (racun) akibat berbagai zat yang sebenarnya tidak "dikenali" tubuh.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Ref :
* www.wholesomebabyfood.com, Why Doesn't Commercial Baby Cereal Need to be Cooked?
* Vitahealth. 2006. Seluk Beluk Food Supplement,PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta

3 comments:

Anonymous said...

saya sudah mencoba tepung gasol pisang,,,tapi anak saya konsistensi pup nya lebih cair dan frekuensinya lebih sering ,,,,knapa ya?

Anonymous said...

sis, untuk awalan memperkenalkan MPASI bayi 6bln sebaiknya pake rasa apa dulu ya??

Anonymous said...

Kalo menurut saya sih Tepung Beras Merah atau Tepung Beras Coklat dulu.