Saturday, August 19, 2006

PELATIHAN PEMBUATAN BOKASI

Untuk menunjang budidaya organik - dalam mempertahankan kesuburan tanah - perlu diperhatikan pengembalian bahan-bahan organik ke dalam tanah, setelah sebagian bahan organik tersebut keluar sebagai hasil produk pertanian.

Penambahan bahan organik berupa kompos umum dilakukan, karena kompos merupakan bahan organik yang lebih siap pakai. Kompos adalah bahan organik yang telah terurai kembali. Waktu yang dibutuhkan bahan organik untuk menjadi kompos sekitar 3 bulan.

Berbagai upaya dicoba untuk mempersingkat waktu pengomposan. Saat ini dikenal istilah BOKASI. Bokasi adalah hasil fermentasi bahan organik dengan perlakukan bakteri (EM-4). Fermentasi ini hanya membutuhkan waktu 3 hari sampai siap pakai.

Bokasi dibuat dari bahan organik yang biasa ditemukan dilahan pertanian seperti misalnya sekam, rumput, daun-daunan, jerami (untuk memperbaiki sifat fisik tanah), ditambah kotoran hewan (untuk memperbaiki sifat kimia tanah) dan larutan EM-4 (untuk memperbaiki sifat biologi tanah).

Alhamdulillah, Rencana Gasol Pertanian Organik untuk memperkenalkan dan melatih petani disekitar lahan GPO membuat PUPUK ORGANIK "BOKASI", telah terlaksana pada tanggal 19 Agustus 2006.

GPO mengundang Bapak H. Agus dan Bapak Nur Ichwan dari PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN - ANTANAN, dari Bogor untuk berdiskusi dan memperkenalkan pupuk organik tersebut sekaligus mengajak petani untuk langsung praktek pembuatannya.

Perkenalan


Pembuatan Arang Sekam


Pembuatan Bokasi


Perbandingan Bokasi dengan Pupuk Kimia N, NPK, dan air bening biasa, dilihat dari daya hantar listrik.

Daya Hantar Listrik Bokasi


Daya Hantar Listrik NPK

4 comments:

Anonymous said...

APA benar teknik yang anda tapilkan tersebut bisa menghasikan listrik?
mohon penjelasan tentang apa sebenarnya metode bokasi itu sendiri. trims.
pandu(panduk@telkom.net)

yulia madjid said...

mohon pencerahan apakah benar hasil bokashi tadi bisa menghasilkan listrik. tertarik utk menularkan ilmu ke temen2 di desa nih..
mohon jawaban ya
terimakasih (yulia_s_madjid@yahoo.com)

darius said...

Berapa banyak komposisi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bokashi. Thanks. Darius (http://agribisnis.blogspot.com)

samrun kunuti said...

tolong donk. tulickan jaga cara membuat arang kompos.