Wednesday, April 15, 2009

ARROWROOT

Arrowroot = Garut
Queensland Arrowroot = Ganyong

GARUT...

Pernah salah seorang customer menanyakan, Apakah Gasol membuat tepung Garut ? Terus terang baru kali itu saya mendengar ada makanan yang namanya Garut, kalau kota Garut sih tahu ajah.

Tepung Garut masih disimpan sebagai "PR". Saya terus mencoba mencari tahu apa sih "Garut" itu.

Dari hasil bertanya ke om Google muncullah artikel dari majalah Nova dengan kutipan sbb.

Garut, Pengganti Gandum Dan Beras Berkhasiat Obat

Tak banyak yang tahu, tanaman yang satu ini ternyata bisa dikonsumsi sebagai pengganti gandum dan beras. Cara menanamnya pun mudah.

Selama ini, kita sudah terjebak oleh gandum. Coba simak, sejak pagi, kita sarapan dengan roti. Agak siang sedikit di kantor atau tempat bekerja lainnya disajikan snack. Lalu kita makan siang, pergi ke resto a la kebarat-baratan. Pulang kantor sudah malam, ah, sudah capek, buat saja mie instan. Begitu hari demi hari. Belum lagi kita mendapat undangan-undangan, di sana ketemu lagi aneka masakan berbasis gandum.
Sesungguhnya banyak sekali pangan lokal yang kandungan gizinya berani bersaing dengan terigu dan beras. Mau tahu? Misalnya, garut (Maranta arundinaceae), yang kini nyaris terlupakan di tengah gaya dan pola makan kita. Padahal, dibandingkan tepung terigu dan beras giling, kandungan karbohidrat dan zat besi pada tepung garut lebih tinggi, sementara kandungan lemaknya terendah ketimbang terigu dan beras.
Kandungan kalori tepung garut hampir sama dengan beras dan terigu.

Tanaman garut memberikan hasil yang utama berupa umbi dan mempunyai banyak kegunaan, antara lain:

- Dimanfaatkan sebagai tanaman penghias, karena keindahan daunnya.

- Umbi garut dapat direbus atau dikukus dan langsung dimakan.

- Umbi garut mengandung tepung pati yang sangat halus dan mudah dicerna. Itulah sebabnya, tepung garut dipakai dalam industri makanan bayi dan makanan khusus orang-orang sakit.

- Umbi garut dipakai sebagai obat tradisional yang berkhasiat menyembuhkan mencret, eksem, memperbanyak air susu ibu (ASI), dan menurunkan suhu badan yang terjangkit demam.

- Umbi garut juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetika, lem, dan minuman beralkohol.

- Air perasan umbi garut digunakan sebagai penawar racun lebah, racun ular, dan obat luka.

- Tepung garut diolah menjadi makanan tradisional seperti: keripik, cake pisang, gabes udang, kue lapis, kue semprit, cendol, siomay, kue kacang, kue putri salju, ongol-ongol, dan sebagainya.


dan ...

GANYONG

Ganyong cukup berpotensi sebagai sumber hidrat arang. Data Direktorat Gizi Depkes RI menyebutkan bahwa kandungan gizi Ganyong tiap 100 gram secara lengkap terdiri dari kalori 95,00 kal; protein 1,00 g; lemak 0,11 g; karbohidrat 22,60 g; kalsium 21,00 g; fosfor 70,00 g; zat besi 1,90 mg; vitamin B1 0,10 mg; vitamin C 10,00 mg; air 75,00 g.

Selain itu, Ganyong juga dapat mengatasi beberapa penyakit, yaitu:
Panas dalam dan Radang saluran kencing.


Menilik manfaat yang banyak dari GARUT DAN GANYONG, kami dengan senang hati menyediakan untuk dapat mempopulerkan kembali pangan lokal tersebut.

Bagi yang berminat untuk mencoba silahkan pesan. Semoga berkenan.

Salam,
Ika

3 comments:

babas said...

umbi-umbi tipe minor seperti garut dan ganyong banyak mendapatkan perhatian dari peneliti Unpad. kandungan gizi dan komponen gizinya hampir menyamai tepung gandum dan karbohidrat pada tanaman pangan lainnya. untuk ganyong kini dapat dibuat ice cream yang lezat, strukturnya halus dan baik untuk pencernaan.
www.ba2s-breeder.blogspot.com

Yuni Kurniasih Wiryautama said...

Ganyong, di daerah asal saya dulu banyak sekali tanaman ganyong. Ibu dulu sering membuat puding dari sari pati ganyong. tapi sekarang sudah jarang orang di daerah saya yang menanamnya. senang sekali mengetahui gasol juga memproduksi tepung pati ganyong.

Anonymous said...

Wah baru tau, kalo tepung ini bahan dasarnya bisa untuk menambah asi, selama jualan perdana kemarin yang beli kebanyakan beras merah, merah wangi, beras coklat kacang hijau aja...Ijin saya copas ya untuk promosiin Tepung Gasol Arrowroot. thx

-wida, bogor-