Monday, May 06, 2013

Gasol Organik belajar dari Desa Shirakawa-go, Jepang

Shirakawago - pedesaan di Gifu, Jepang  adalah merupakan salah satu catatan sejarah tentang kehidupan tradisional desa di Jepang.

Shirakawa-go yang artinya sungai putih terkenal karena rumah milik para petani di sana memiliki arsitektur yang unik dan dikenal dengan sebutan gassho karena bentuk atapnya seperti dua Telapak tangan yang dirapatkan membentuk seperti orang yang sedang berdoa. Bentuk arsitektur seperti ini dibuat karena Desa Shirakawago terletak di kaki pegunungan sehingga pada saat musim salju...maka kemiringan yang sangat tajam akan membantu mengurangi beban salju yang menumpuk di atas atapnya.

Melalui Shirakawago kami belajar dari suatu bangsa yang sangat maju di bidang tehnologi namun mereka tetap menghargai dan menyimpan dengan baik peninggalan masa lalunya untuk dijadikan sebagai bahan pelajaran, catatan perjalanan sejarah bangsa bahkan sekaligus sebagai tempat wisata yang menarik wisatawan internasional. Semenjak tahun 1995, desa ini tercatat sebagai The World Heritage Unesco.











No comments: