Saturday, March 11, 2006

PEMBUATAN VCO DI RUMAH TANGGA

Vco bisa dibuat dengan beberapa cara. Cara yang paling sederhana, tanpa memerlukan peralatan khusus, adalah dengan metode pemancingan. Metode ini yang biasa digunakan untuk pembuatan Vco skala rumah tangga.

Yang paling penting, kita harus benar benar mengetahui kelapa yang bermutu baik sehingga bisa menghasilkan produk Vco yang berkualitas. Disamping itu juga harus benar-benar memperhatikan kebersihan peralatan yang digunakan, karena akan berpengaruh kepada keberhasilan proses.

Berikut cara pembuatan dengan metode pemancingan :

1. Pilih kelapa yang cukup umur dan segar, cuci bersih dan diparut

2. Santankan dengan menambah 2 liter air untuk tiap 1 kg kelapa parut

3. Taruh santan di wadah plastik tembus pandang dan diamkan selama 2~3 jam, sehingga terbentuk dua lapisan : krim santan dan air.

4. Ambil krim santan dengan cara menyendok perlahan-lahan. Simpan di wadah plastik yang tembus pandang.

5. Campur krim santan dengan minyak Vco (yang sudah jadi) dengan perbandingan 5 : 1, kemudian aduk rata selama 20 menit.

6. Biarkan dan lihat reaksinya. Mulai pada jam ke-6~8, pada wadah akan terbentuk 3 lapisan : Minyak murni(K-1), blondo (K-2) dan air.

7. Sendoki minyak perlahan-lahan lalu saring dengan kertas saring. Minyak ini yang disebut Vco (K-1). Minyak akan terus terbentuk sampai lebih kurang jam ke-12~16.

8. Setelah selesai pisahkan dan ambil blondo. Masak blodndo dengan api sedang. Blondo ini bisa menghasilkan minyak kualitas kedua (K-2).

Selamat mencoba ...

2 comments:

Anonymous said...

tertarik mencoba sendiri nih
terimakasih sekali dengan informasi yang bagus dan bermanfaat
salam kenal

EASY_COURSE said...

Saya juga produksi lho...
kalo sya produksinya gini...
1. Kelapa yang berjatuhan sendiri dikumpulkan dan disimpan ditempat teduh selama 1 bulan. Pilih kelapa yang sudah terdapat butul sedikit. Jangan yang butulnya besar karena kadar proteinnya sudah berkurang)
2. Setelah dikupas dan dicungkil, bersihkan kulit daging kelapa yang berwarna coklat agar hasilnya putih bersih.
3. Parut kelapa dan peras tanpa ditambahkan air.
4. Santan kental di kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga sekitar 10 menit.
5. Diamkan selama 4-5 jam maka akan terbentuk tiga lapisan. yang paling atas adalah minyak, lapisan kedua adalah blondo, dan lapisan ketiga adalah air. Kemudian pisahkan antara air, belondo dan minyak.
6. Penyaringan dilakukan dengan 5 tingkat. Pertama menggunakan saringan anti karat, lalu menggunakan kain kasa, menggunakan kertas saring 2 kali, dan terakhir menggunakan kapas.
7. Kemas ke dalam botol atau kapsul. VCO siap dipasarkan.
8. Adapun belondonya dapat dipanaskan dengan suhu dibawah 60 untuk dibuat VCO dengan kualitas rendah. Ambil minyaknya, saring dan kemas.
Hasilnya VCO dengan kualitas tertinggi yaitu kadar asam laurat diatas 50%
berminat dengan VCO saya?
Harga Rp.50.000/liter
CP 087772888300